Tips! Cara Menjaga Kesehatan dan Fokus saat Bekerja di Rumah (WFH) Hingga Tak Terganggu Buah Hati

LIDIK.ID, Bandar Lampung – Tak hentinya pemerintah menghimbau dan mencari jalan keluar bersama petugas kesehatan untuk mencegah meluasnya penyebaran virus corona yang semakin memakan korban jiwa setiap harinya.  Salah satu kebijakan yang diarahkan adalah physical distancing atau menjaga jarak. Itu mengapa pemerintah meminta perusahaan untuk sementara menghentikan kegiatan di kantor dan mulai bekerja dari rumah atau work from home (WFH) untuk mengatasi penyebaran virus corona.

Namun menyelesaikan pekerjaan di rumah dan di tempat kerja belum tentu sama mengingat akan ada anggota keluarga di rumah seperti sang buah hati maupun fokus yang didapatkan.

Oleh karena itu LIDIK.ID akan meringkas tips  dari berbagai sumber seperti agar Bekerja di Rumah (WFH) tetap sehat dan menyenangkan beserta arahan untuk sang buah hati.

1. Jangan Menggunakan Piyama Sepanjang Hari dan Mandilah Dengan Teratur

Menjaga kesehtan dan kebersihan diri sangat diperlukan supaya dapat menyelesaikan pekerjaan dengan nyaman dan tak terganggu dengan rasa malas. Itu mengapa jangan pula memakai piyama seharian, karena otak kecil kita akan berpikir bahwa sudah waktunya untuk tidur hingga kemalasan akan membuat anda menunda pekerjaan begitu saja.

Berpakaian rapih akan lebih efektif karena otak anda akan bekerja dan merespon jika anda sudah siap untuk untuk keluar bekerja. Tak perlu pakaian kantor, anda dapat menggunakan baji harian asalkan bukan yang anda pakai saat hendak tidur.

2. Tetap Pertahankan Rutinitas Anda

Meski anda menyelesaikan pekerjaan yang diberi, usahakan diri anda tetap melakukan rutinitas harian anda seperti melakukan olahraga atau menikmati secangkir kopi sebelum berangkat bekerja. Menjaga rutinitas Anda akan membuat Anda merasa seperti masuk ke “mode kerja” alih-alih dalam keadaan limbo yang konstan.

3. Kerjakan Pekerjaan Anda di Ruang Terpisah dan Terapkan Waktu Dasar Kerja Bersama Rekan Anda

Mengerjaan pekerjaan di rumah di atas kasur kamar anda tentu akan membuat nda merasa begitu nyaman, namun hal ini juga akan menunda penyelesaian pekerjaan anda karena suasana kamar akan membuat anda ingin beristirahat bahakan tidur siang di saat jam kerja. Lebih baik anda menyiapkan ruang khusu untuk mengerjakan pekerjaan sehingga anda bisa fokus pada pekerjaan tersebut.

Selain itu anda juga perlu menerapkan waktu kerja bersama rekan anda hingga anda tak membuang waktu begitu saja. Anda juga bisa berkomunikasi dengan teman anda melalui videocall atau panggilan video hingga nda tetap bisa berdiskusi atau berbincang kecil dengan rekan kerja anda.

4. Membawa Camilan dan Jangan Lewatkan Jam Makan Siang Anda

Untuk menghilangkan rasa bosan dan mencegah kelaparan, ada baiknya anda menyiapkan camilan yang biasa anda makan saat hendak bersiap-siap ke kantor, biasanya camilan di rumah juga akan menghemat pengeluaran anda di kantor.

Tak lupa pula untuk gunakan jam-jam istirahat yang sama saat anda bekerja di kantor, di waktu istirahat di rumah anda dapat mengerjakan lebih banyak hal ketimbang saat berada di kantor seperti berbicara dengan sang buah hati secara langsung, membuat makan siang sendiri, maupun hal lainnya.

Diutamakan agar anda tak lupa dengan makan siang sebelum melanjutkan pekerjaan anda.

5. Batasi Media Sosial

Media sosial menjadi pengaruh besar anda menumda pengerjaan, oleh karena itu lebih baik anda memasang alarm untuk menggunakannya di selang jam kerja. Seperti memasang alarm selama lima menit kemudian kembali bekerja lagi.

6. Jagalah Kebersihan Ruangan Anda

Mungkin anda tak akan menyadari bahwa anda akan melakukan hakl kecil yang menyebabkan sampah atau keadaan ruangan menjadi berantakan. Hal itu akan menjadi kekacauan dan mood anda hingga akan menunda pekerjaan anda. Pastikan anda menyiapkan tempat sampah di dekat anda meskipun itu berupa plastik untuk sampah dan letakan kembali barang yang anda gunakan pada tempatnya.

 

Bagaiman? Apa anda masih kesulitan untuk fokus bekerja di rumah? Apa karena sang buah hati? Tak perlu khawatir karena kami juga menyiapkan tips bekerja di rumah meski ada sang buah hati.

1. Beri Penjelasan Mengenai Situasi yang Terjadi

Komunikasi dan pengertian yang didapatkan oleh sang anak samgat diperlukan supaya mereka paham dengan situasi yang terjadi, anda hanya perlu membuat mereka mengerti mengapa semua orang harus menjalani kegiatan di rumah dan Anda memiliki tanggung jawab pekerjaan yang harus dikerjakan tanpa gangguan untuk sementara waktu.

2. Siapkan Rutinitas untuk Anak

Buat rutinitas tersebut supaya mirip dengan kegiatan sehari-hari. Bangunkan mereka di waktu normal kemudian urus segala kebutuhan sebelum jam kerja normal dimulai. Pastikan seluruh kebutuhan anak di pagi hari telah terpenuhi ketika memulai pekerjaan. Kemudian, siapkan jadwal bagi mereka selama bekerja, misal pukul 09.00-11.00 untuk mengerjakan tugas, pukul 12.00 makan siang, pukul 13.00 bermain, dan pukul 14.00 menonton film edukasi.

3. Bagi tugas dengan pasangan
Bekerjasama dengan pasangan. Misal, Anda yang mengurus rutinitas pagi anak, pasangan membantu mengurus rutinitas siang dan sore anak. Kemudian, jalani aktivitas malam hari bersama-sama. Anda juga dapat mengandalkan pasangan untuk menjaga anak-anak kala ada konferensi video penting dan tidak bisa diganggu.

 

Discussion about this post