TNI AL Tegaskan Isu Ribuan Kapal Asing di Laut Natuna Tidak Benar

LIDIK.ID , Jakarta – Panglima Koarmada 1 Laksamana Muda Arsyad melakukan patroli lewat udara di batas landas kontinen untuk meninjau situasi Laut Natuna Utara.

Dari hasil pantauan terlihat hanya ada 4 kapal yang melintas di wilayah lantas kontingen Indonesia, yakni KRI Bontang, KRI Teuku Umar dan KRI Silas Papare yang sedang berpatroli dan 1 Kapal Tanker yang melakukan izin lintas damai.

Panglima Koarmada 1 Laksamana Muda Arsyad mengatakan dalam melaksanakan lintas damai, izin dari Indonesia tidak diperlukan.

Hal itu dikarenakan, Indonesia mempunyai zone ekonomi eksklusif (ZEE) di perairan laut Natuna Utara, tetapi hanya ada hak berdaulat bukan kedaulatan.

“Terkait akhir-akhir ini ada isu ribuan kapal di Laut Natuna Utara, menurut saya itu tidak berdasar karena kita sudah menyaksikan sendiri tadi dan tidak menemukan adanya ribuan cuma ada beberapa kapal yang melaksanakan lintas damai, mungkin itu hanya merupakan statement yang kurang tepat menurut saya,” ujarnya , dikutip dari CNN Indonesia.

Arsyad juga meminta sumber dan bukti terkait isu tersebut.

“Saya juga akan mempertanyakan sumbernya dari mana, pembuktiannya oleh apa sehingga ada isu-isu adanya ribuan kapal di Laut Natuna Utara,” pungkasnya.

(MYG)

Discussion about this post