Universitas Sebelas Maret Gelar Wisuda Secara Online

Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) menggelar wisuda online terhadap 259 wisudawan, Sabtu (2/5/2020) di Hari Pendidikan Nasional. Dalam sambutannya, Rektor UNS Jamal Wiwoho mengatakan pelaksanaan wisuda kali ini seharusnya digelar tanggal 25 April 2020.

Namun, jadwal dan tata cara wisuda diubah dalam menyikapi pandemi Covid-19 yang harus menerapkan social distancing. “Dengan tanpa mengurangi keabsahan dan kekhidmatan wisuda, tata upacara perhelatan wisuda UNS periode ll kali ini pun, harus dilaksanakan dengan telekonferensi atau via aplikasi Webex Meet, dan Youtube meskipun tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ditentukan oleh pemerintah,” kata Jamal saat membacakan sambutan wisuda via teleconference, Sabtu (2/5/2020).

Baca Lainnya

Dalam sambutan, Jamal mengatakan, pandemi Covid-19 memberikan sejumlah hikmah. Pertama, masyarakat menjadi sadar pentingnya kesehatan dan kebersihan. Kedua, masyarakat menjadi tekun beribadah, sering berintrospeksi diri, istirahat cukup serta bisa berkumpul dengan keluarga. Situasi jalan menjadi lengang dan polusi udara menurun.

Ketiga, dunia pendidikan menjadi akrab dengan teknologi dalam pelaksanaan kegiatan akademisi. Saat ini, perkuliahan dan ujian harus menggunakan gawai daring seperti Zoom Cloud Meeting, Whatsapp Group maupun Google Classroom. Selain itu, UNS juga harus menggunakan sistem daring seperti pelaksanaan rapat-diskusi pimpinan dengan mahasiswa, seminar hingga pengukuhan guru besar selain pelaksanaan wisuda.

Berita yang sama: https://tirto.id/hari-pendidikan-nasional-uns-gelar-wisuda-online-259-mahasiswa-fhCq

BeritaTerkait

Discussion about this post