Upaya Dinas Kesehatan Lampung Mencegah Pemalsuan Surat Keterangan Sehat

LIDIK.ID, BANDAR LAMPUNG – Belakangan ini maraknya edaran penjualan maupun pemalsuan Surat Keterangan Sehat di Tanah Air Indonesia. Hingga pemerintah dan dinas kesehatan setiap wilayah harus lebih pemberikan perhatian agar tidak terjadinya kasus-kasus tersebut.

Seperti upaya Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana mengatakan, dalam hal ini pihaknya terus berkoordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas II Panjang terkait dengan pemeriksaan yang telah dilakukan Dinas Kesehatan setiap harinya, agar tidak terjadi pemalsuan.

“Untuk di Provinsi Lampung sampai saat ini, kami belum ada laporan pemalsuan surat keterangan sehat Covid-19 ini. Adapun pencegahannya, tentu saja agar tidak terjadi pemalsuan dengan cara kita melakukan koordinasi dengan petugas di lapangan,” kata Reihana, Senin (18/5/2020). Seperti yang dikutip oleh lampungpro.

Adapun bentuk koordinasi antara Dinas Kesehatan dengan KKP Kelas II ini, terkait pendataan jumlah orang-orang yang dikeluarkan surat keterangan sehat Covid-19, setiap harinya di kantor Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. Semuanya akan disampaikan data-datanya oleh Dinas Kesehatan.

Reihana menjelaskan Dinas Kesehatan juga selalu berkoordinasi dengan KKP Kelas II Panjang. Pemberitahuan akan selalu disampaikan apabila ada sebuah keberagkatan dari darat, udara, maupun laut. Hingga nama-nama pemegang surat telah diperiksa oleh Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

Sebelumnya Dinas Kesehatan Provinsi Lampung memberikan keringanan kepada masyarakat Lampung, yang akan melakukan tugas dinas keluar Provinsi Lampung, untuk dibuatkan surat keterangan sehat Covid-19 secara gratis, namun memiliki syarat.

Sebelum dikeluarkan surat tersebut, yang bersangkutan menunjukkan surat tugas resmi dari perusahaan maupun instansi tempat bekerja. Setelah itu dilakukan rapid tes, dengan hasil non reaktif atau negatif.

Discussion about this post