Vaksin Covid-19 Bill Gates Mulai Uji Coba Pada Manusia

LIDIK.ID, JAKARTABill Gates, salah satu orang terkaya di dunia mendanai perusahaan Novavax yang menjadi salah satu perusahaan bioteknologi di Amerika Serikat (AS). Perusahaan yang meneliti vaksi virus Corona itu kini mulai memasuki tahap uji coba kepada manusia. Tahap tersebut sudah memasuki tahap uji coba klinis.

Novavax memiliki anggaran lebih dari 1.000 persen hingga menjadi USD 2,7 miliar (Rp38,9 triliun) sejak awal tahun. Adapun suntikan dana sebesar USD 388 juta (Rp5,7 triliun) dari Koalisi Inovasi Persiapan Epidemi (CEPI). Pendanaan ini yang berbasis di Oslo, yang dibentuk bos Microsoft, Bill Gates.

Baca Lainnya

Novavax (fiercepharma)

“Investasi kami di Novavax memungkinkan kami untuk fokus pada pembuatan secara paralel dengan pengembangan klinis vaksin. Sehingga jika vaksin terbukti aman dan efektif, kami dapat menyediakan dosis bagi mereka yang membutuhkannya tanpa penundaan,” jelas Kepala Eksekutif CEPI, Richard Hatchett.

Dikabarkan pula sudah ada sebanyak 130 relawan dewasa dan sehat di dua tempat di Australia akan diberikan dua dosis NVX-CoV2373, vaksin eksperimental Novavax. Hal ini seperti yang dilansir oleh Sputnik News, Rabu, 27 Mei 2020.

Menurut WHO, perusahaan yang berbasis di Maryland ini adalah satu dari 10 yang diperkirakan telah memulai uji coba pada manusia. WHO memperkirakan ada lebih dari 100 kandidat vaksin lain yang saat ini dalam tahap awal pengembangan, dengan perusahaan-perusahaan kecil bersaing dengan produsen obat yang besar seperti Pfizer Inc., AstraZeneca Plc., dan institusi akademik.

Jika fase pertama terbukti menjanjikan, perusahaan akan secepatkan beralih ke fase kedua. Fase ini yang akan melibatkan sejumlah negara dan kelompok usia yang beragam. Adapun kesimpulan dari fase pertama diperkirakan akan keluar pada bulan Juli.

 

BeritaTerkait

Discussion about this post