Viral! Detik-Detik Longsor di Cianjur Terekam Warga, Satu Pemotor Hampir Menjadi Korban

LIDIK.ID, Cianjur – Sebuah video berdurasi 30 detik yang direkam oleh warga perihal peristiwa tebing longsor di wilayah Kecamatan Sukanagara, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Kamis (9/4/2020) menjadi viral.

Video itu merekam detik-detik sebelum terjadinya bencana dan hampir menewaskan seorang pemotor yang melintas tepat saat kejadian berlangsung. Kejadian itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB.
Beruntung sang pemotor mendengar teriakan warga dan segera turun untuk menjauhi longsor yang dalam hitungan detik setalah ia menjauh dari kendaraannya, longsor langsung menimbun motor sang mengendara.

Sebuah sepeda motor tertimbun material longsor di ruas jalan utama selatan Cianjur, Jawa Barat, akibat tebing di wilayah Sukanagara, longsor, Kamis (9/4/2020)(Istimewa)

Sejauh ini Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur Mokhamad Irfan Sofyan mengatakan, belum menerima informasi terkait adanya korban jiwa.

Dari yang dikonfrimasi Petugas Siaga Bencana BPBD Kabupaten Cianjur, Deham, selain banjir bandang, pihaknya menerima laporan adanya dua warga tertimbun longsor di Jalan Raya Sukanagara – Pagelaran, Kamis (9/4/2020) sekitar pukul 16.00 WIB.

“Di Kampung Kaum RT 01/02, di Jalan Raya Sukanagara – Pagelaran telah terjadi longsor yang mengakibatkan jalan raya terputus oleh timbunan tanah,” ujar Deham.

Atas kejadian ini, Pihak BPBD Cianjur langsung mengirimkan satu tim ke lokasi untuk melakukan asesmen.

“Kita juga sudah kordinasi dengan pihak PUPR Jabar terkait bantuan alat berat,” ujar dia. Disebutkan, proses evakuasi dan pembersihan badan jalan membutuhkan banyak alat berat mengingat volume material longsor yang besar. “Tim sudah meluncur ke lokasi. Semoga proses evakuasi dan pembersihan badan jalan tidak membutuhkan waktu lama, mengingat itu jalur utama,” kata Irfan saat dihubungi melalu telfon seluler oleh kompas.com

 

Discussion about this post