Wabah Corona : Jokowi Gratiskan Listrik Selama 3 Bulan dan Diskon 50% Untuk Warga Miskin

LIDIK.ID, Jakarta – Akibat wabah corona yang membuat penghasilan masyarakat berkurang bahkan berhenti. Dengan ini Presiden Jokowi Dodo menggeratiskan tagihan listrik bagi pelanggan golongan 450 VA dan diskon tarif sebesar 50% untuk pelanggan golongan 900 VA. Presiden Joko Widodo menyebut kebijakan untuk membantu masyarakat melalui pandemi corona ini berlaku selama tiga bulan mulai Apri.

“Perlu saya sampaikan untuk pelanggan listrik 450 VA, yang jumlahnya sekitar 24 juta pelanggan akan digratiskan selama 3 bulan ke depan, yaitu April, Mei, dan Juni 2020,” katanya melalui video conference dari Istana Bogor, Jawa Barat, Selasa (31/3/2020).

Baca Lainnya

Selain itu, bagi pelanggan listrik 900 VA akan mendapatkan keringanan berupa potongan harga sebesar 50 persen selama periode yang sama. Saat ini jumlah pelanggan memakai listrik 900 VA sekitar 7 juta pelanggan.

“Diskon 50% , artinya hanya bayar separuh untuk April, Mei, dan Juni,” jelasnya.

Sejumlah insentif ini diberikan Jokowi untuk menyangga kehidupan rakyat kurang mampu atau miskin selama pandemi berlangsung. Selain tarif listrik, Jokowi juga memberikan paket insentif lainnya berupa kartu sembako, kartu prakerja, program PKH dan lainnya.

Berdasarkan data pemerintah, hingga Senin (30/3/2020) pukul 15.45 WIB, jumlah pasien Covid-19 terkonfirmasi sebanyak 1.414 orang dengan pasien sembuh sembanyak 75 orang dan pasien meninggal dunia sebanyak 122 orang. Jumlah kasus terus meningkat usai pemerintah mendeteksi pasien pertama di Indonesi, yakni pada awal bulan ini.

BeritaTerkait

Discussion about this post