Wabah Corona, Pemerintah Memberi Tiga Opsi Mengenai Mudik

LIDIK.ID – Upaya pencegahan penyebaran virus Corona terus dilakukan dan keputusan pemerintah yang cepat dan tanggap demi masyarakat tak hentinya didiskusikan demi kebagian bersama. Sistem Social Distancing atau jaga jarak yang diterapkan oleh Indonesia sebagai upaya penyegahan penyebaran virus COVID-19 ini berdampak dalam berbagai macam kegiatan yang melibatkan banyak massa. Seperti mudik misalnya.

Mudik yang menjadi salah hal paling ditunggu untuk kumpul bersama saat hari raya lebaran kini sedang dirundingkan oleh pemerintah akibat wabah virus corona yang sedang melanda dunia dan Tanah Air.

Pemerintah memberikan tiga opsi yang salah satunya akan segera diputuskan sebagai kepastian dalam kegiatan mudik tahun ini, yaitu tetap mudik, meniadakan mudik gratis, dan opsi ketiga adalah larangan mudik.

Setelah dirundingan dan mendengar suara masyarakat, kemungkinan terbesar yang akan diambil oleh pemerintah sebagai keputasan adalah opsi ketiga atau opsi larangan mudik demi mencegah peluasan penyebaran virus corona.

“Kami sudah bersepakat, hal yang paling utama adalah menjaga keselamatan masyarakat. Atas berbagai pertimbangan ini, kami melihat opsi kebijakan pelarangan mudik,” kata Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi, di Jakarta (Rabu, 25 Maret 2020)

Menurut Jodi, ketiga skenario tersebut akan segera dilaporkan kepada presiden.

“Ketiga skenario itu akan segera dilaporkan kepada presiden. Semua ini masih belum ada keputusan final menunggu kondisi penyebaran virus Corona Covid-19. Pemerintah mengutamakan keselamatan dan keamanan masyarakat termasuk menghadapi puasa dan hari Raya Idul Fitri,” pungkas sang Juru Bicara tersebut.

Discussion about this post