Waspada! Hacker Sebar Virus Bekedok Informasi Corona

(LIDIK.ID) Jakarta – Pakar Keamanan SIber menghimbau kepada masyarakat Indonesia untuk waspada karena informasi mengenai virus korona yang sedah hangat diperbincangkan malah dimanfaatkan oleh beberapa pihak untuk melakukan tindak kejahatan siber seperti peretasan.

Contohnya, di negara Jepang ditemukan sejumlah malware yang disebarkan lewat email dengan teknik phising atau memancing pengguna dengan menipu agar membuka email tersebut.

Baca Lainnya

Founder Lembaga Riset & Keamanan Siber CISSReC, Pratama Persadha menyebutkan cara peretasan ini dinilai efektif karena modus dari pelaku memanfaatkan ketakutan masyarakat akan serangan virus corona yang belum ada obatnya hingga saat ini. Ia menjelaskan pelaku menyertakan malware pada file dokumen berupa .txt, .pdf, .exe dan beberapa ekstension file dokumen lain. Calon korban diminta membuka dan mendowload file yang berisi malware tersebut. dikutip LIDIK.ID dari CNBC Indonesia, Selasa,(4/02/2020).

Ketika korban mengklik file dokumen yang telah disusupi malware pada email tersebut, maka si pelaku dapat dengan mudah masuk dalam sistem komputer dan mengambil alih sistem target. tidak hanya di email pelaku juga mengirimkan dokumen yang berisikan malware melalui link aktif sebagai medianya.

Sebagai upaya pencegahan sebaiknya masyarakat dianjurkan untuk segera mengupdate antivirusnya ke versi yang lebih baru agar terhindar dari kejahatan siber.

BeritaTerkait

Discussion about this post