Hari Raya Idul Fitri! Berikut Ini Makanan yang Tetap Membawa Suasana Hari Raya di Tengah Pandemi Covid-19

LIDIK.ID, BANDAR LAMPUNG – Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah! Mohon maaf lahir dan batin, sobat lidikins! Setelah satu bulan berpuasa, akhirnya kita tiba di hari kemenangan. Meski di tengan pandemi Covid-19, kebahagiaan hari raya tetap dapat kita rasakan di rumah dengan bersyukur dan menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga.

Setelah melaksanakan sholat Idul Fitri, biasanya suatu tradisi bermaaf-maafan dan bersalam-salaman antar keluarga harus wajib dilakukan. Hm, setelah itu apa, ya? Pemerintah menghimbau kita untuk terus menjaga jarak dan tetap berada di rumah demi menekan dan memutuskan rantai virus Corona yang mewabah di daerah kita. Kalau begitu, agar tetap merasakan suasana hari raya yang kita rindukan, berikut LIDIK.ID rangkum dan tampilkan beberapa khas makanan Hari Raya Idul Fitri yang selalu kita rindukan.

 

1. Ketupat.

Makanan khas lebaran yang satu ini berasal dari beras ini merupakan makanan yang paling banyak diburu saat hari lebaran. Ketupat atau kupat merupakan makanan pengganti nasi yang berasal dari beras yang di masak sampai matang di dalam bungkus daun atau plastik.

Ketupat sebenarnya adalah nasi yang di masak di dalam sebuah bungkus sehingga memiliki bentuk lebih padat. Ketupat juga di jadikan makanan khas di daerah lain seperi kupat tahu, kupat glabet, dan berbagai menu lain yang menggunakan kupat.

Makanan ini biasanya yang menjadi paling wajib ada sebagai menu lebaran!

2. Rendang.

Ketupat dengan rendang! Yuum. Makanan yang berasal dari Padang ini merupakan makanan yang sudah mendunia. Makanan ini bahkan dikenal menjadi salah satu makanan terenak di dunia dari negara lain. Biasanya makanan ini menemani hari Raya Idul Fitri maupun Hari Raya Idul Adha.

Rendang biasanya bisa dibuat dari daging sapi atau kerbau menggunakan berbagai bumbu rempah. Makanan ini dihasilkan dari proses masak yang dipanaskan berulang-ulang dengan santan kelapa.

Bumbu-bumbu yang biasanya digunakan pada rendang antara lain cabai, serai, lengkuas, kunyit, jahe dan bawang. Rendang memiliki cita rasa khas campuran dari berbagai macam rempah, namun rasa yang dominan adalah asin, manis, dan gurih.

3. Gulai.

Ada juga gulai! Jika kalian sudah cukup dengan masakan berbahan daging, makanan ini bisa menggunakan bahan makanan sayuran juga, lho. Sayuran yang biasanya dibuat menjadi gulai sayur biasanya adalah daun singkong, bayam, nangka, dan berbagai sayur hijau lain. Bahan pembuatan gulai sayur ini adalah santan, kunyit, bawang, lengkuas, jahe, dan ketumbar. Kuah santan gulai dengan lautan rempah membuat suasana hari raya semakin hangat.

4. Opor.

Makanan khas lebaran yang satu ini juga merupakan teman sejati dari ketupat. Opor ayam merupakan makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Tidak hanya pada hari lebaran, opor ayam juga banyak di konsumsi sebagai menu sehari-hari. Opor ayam merupakan makanan berkuah yang di buat dari daging ayam yang di rebus dalam kuah santan. Kuah santan untuk opor di buat dari  bumbu berupa santan kelapa, serai, kencur, kunyit dan garam. Opor biasanya di sajikan bersama dengan ketupat ataupun nasi.

5. Semur.

Makanan yang berkuah ini adalah hidangan dari bahan daging yang di rebus yang diolah dengan kuah yang terbuat dari kecap, bawang merah, bawang putih, pala dan rempah lain. Semur biasanya berisi daging sapi, ayam dan kentang. Isi dari semur juga bisa bermacam-macam seperti ditambahkan tempe, telur, tahu, ikan, dan bahan lain sesuai selera.

6. Nastar.

Siapa yang tidak tahu kue satu ini? Nastar merupakan kue yang di sukai setiap orang yang bisa ditemui di setiap lebaran. Kue nastar adalah kue kering yang di buat dari adonan tepung terigu, mentega, telur, dan vanili. Nastar di bentuk bulat dengan ukuran sekitar diameter 2 sentimeter yang kemudian adonannya di isi selai buah nanas, coklat, stroberi, atau selai lain sesuai selera.

7. Putri Salju.

Selain nastar, ini adalah kue yang selalu menemani sebagian besar masyarakat yang merayan Hari Raya Idul Fitri! Kue Putri Salju. Kue ini masuk ke dalam jenis kue kering. Kue yang berbentuk bulan sabit dan di atasnya di beri taburan gula halus yang menjadikannya mirip salju. Putri salju dibuat dari adonan tepung terigu, maizena, mentega, dan kuning telur.

8. Kastengel.

Kastengel merupakan kue kering yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju. Kue ini berbentuk persegi panjang dengan panjang sekitar 3 sentimeter. Terkadang, orang juga memberikan variasi seperti cokelat.

 

9. Strawberry Thumbprint

Strawberry Thumbprint adalah salah satu resep kue kering modern yang nikmat. Gurih butter berpadu dengan asam manis stroberi dan renyahnya keju panggang, benar-benar enak

 

10. Pie Kering Buah.

Renyahnya kulit pie berpadu dengan manisnya vla dan asam-manisnya buah-buahan, selalu bisa mengundang selera orang yang melihatnya. Pie mungil nan cantik ini mudah sekali hancur dan tidak tahan lama. Kue cantik ini juga bisa menemani manisnya hari Raya Idul Fitri.

 

Gimana, sobat Lidikins? Kalau menu khas Hari Raya kalian apa, nih?

Discussion about this post